Selasa, 26 Februari 2013

Lingkungan hidup yang baik



Lingkungan Sehat Bencana Minggat

Lingkungan hidup merupakan faktor utama dalam kelangsungan hidup manusia. Pengelolaan lingkungan hidup atau sumber daya alam yang tepat akan mampu memberikan manfaat bagi hidup manusia itu sendiri. Sebaliknya, eksploitasi yang berlebihan terhadap lingkungan hidup dapat mendatangkan bencana bagi umat manusia itu sendiri.
Pemanasan global (global warming) yang tidak dapat dipisahkan dari kasus illegal logging, menjadi isu terhangat belakangan ini, adalah tidak lain menggambarkan bahwa kondisi bumi saat ini memerlukan perhatian yang lebih serius dari negara-negara maju dan berkembang termasuk Indonesia. Selain itu, abrasi di bibir pantai dikarenakan hilangannya pohon mangrove yang menjadi pemecah gelombang air laut, sehingga air pasang langsung menuju kedaratan. Akibatnya, pengikisan tanh oleh air laut menjadi ancaman yang cukup serius terhadap lingkungan di bibir pantai.
Salah satu upaya yang biasa dilakukan adalah meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya lingkungan hidup serta meningkatkan penegakan hukum di bidang lingkungan hidup. Program penanaman sejuta pohon yang dilakukan oleh pemerintah bisa galakan kembali untuk mengatasi berbagai tekanan terhadap sektor ekologis, termasuk kekhawatiran akibat kerusakan lingkungan dan ekosistem akan mendatangkan bencana yang merugikan masyarakat, baik secara moril maupun materil.Beberapa kegiatan yang dilakukan untuk mewujudkan kesehatan lingkungan yang bisa pula mendongkarak pertumbuhan kesejahteraan masyarakat dikarenakan sehatnya lingkungan diantaranya yaitu :
1. Penanaman Pohon
2. Pengelolaan Sampah
3. Penyehatan Daerah Aliran Sungai ( DAS )
Penanaman pohon bertujuan untuk mengantisipasi masalah banjir dan tanah longsor, akibat gersangnya lahan, Meminimalkan dampak pemanasan global, mencegah punahnya flora dan fauna sehingga menciptakan lingkungan hidup yang lestari. Selain itu, mengembalikan lagi bersihnya udara yang dihirup oleh tubuh yang berdampak langsung bagi kesehatan tubuh manusia.
Sampah dapat membawa dampak yang buruk pada kondisi kesehatan manusia. Bila sampah dibuang secara sembarangan atau ditumpuk tanpa ada pengelolaan yang baik, maka akan menimbulkan berbagai dampak kesehatan yang serius. Tumpukan sampah rumah tangga yang dibiarkan begitu saja akan mendatangkan tikus got dan serangga (lalat, kecoa, lipas, kutu, dan lain-lain) yang membawa kuman penyakit. Selain itu pengelolaan sampah yang tidak baik juga akan menghasilkan gas-gas yang dapat memperparah pemanasan global, misalnya gas metan. Oleh karena itu, perlu adanya upaya pengelolan sampah yang baik dan benar.

Reaksi:

0 komentar:

Poskan Komentar